Cerita Singkat Tentang Wirausaha

Wirausaha atau enterpreneurship yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual. Wirausaha disebut juga keberanian, keutamaan, keteladanan  dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Langkah pertama dalam memulai usaha adalah mimpi. Seseorang wirausaha harus  berani bermimpi menjadi seorang yang sukses. Sejarah juga membuktikan banyak temuan hebat dan orang sukses dimulai dari sebuah mimpi jika kita bermimpi saja tidak berani, ngapain membuka usaha.

Tentu saja tidak hanya berhenti sekedar mimpi untuk mencapai sukses setelah mimpi saya harus bangun lalu, mamikirkan mimpi saya. Dulu waktu masih SMK saya bisa membuat perencanaan dan membagi waktu saya bangun sholat subuh, sarapan kemudian berangkat ke sekolah. Pulang sekolah saya harus bekerja ditempat penjualan dan service komputer sampai jam 6.00  sore kadang sampai jam 10 malam baru pulang ke rumah pada saat itu saya harus pintar membagi waktu antara sekolah dan bekerja. Alhamdulillah selama saya bekerja ditempat itu saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang komputer, saya bisa mengoperasikan komputer  mulai dari Microsoft Word dan Microsoft Exel bahkan saya bisa melakukan service dan instalasi Komputer, yang tau tentang masalah computer masih sangat sedikit apalagi menangani masalah hadware dan software. Dari hasil kerja saya selam 8 bulan, akhirnya saya bisa membeli komputer sendiri dari situ saya mulai berpikir dengan modal satu unit komputer dan ilmu yang saya miliki saya bisa membuka usaha senndiri.

Awalnya saya mulai usaha pengetikan laporan, makalah, skripsi dan lain-lain pada saat itu saya mempromosikan langsung kepada teman saya, hingga lama kelamaan saya mendapat banyak pelanggan dari mahasiswa maupun pelajar yang memerlukan pengetikan makalah dan lain-lain. Untuk satu lembar pengetikan dan print saya kenakan tariff Rp. 1500-2000 perlembarnya pada saat itu dalam sehari saya memperoleh pendapatan Rp 45.000 sampai Rp 75.00 0 perhari. Seiring dengan perkembangan komputer ditandai dengan adanya pengguna komputer disetiap rumah dan komputer bukan menjadi barang baru dan barang mewah lagi dimasyarakat khusunya di daerah saya saya mulai berpikir untuk membangun usaha service komputer. Pada awalnya saya menyebarkan brosur ke seekolah-sekolah dan mengirim pesan singkat kepada orang yang saya kenal untuk memberitahukan usaha jasa service komputer yang saya jalankan. Setiap satu kali jasa service atau instalasi computer saya kenakan biaya Rp. 50.000 dengan system antar jemput kepada pelanggan, dengan demikian pelanggan yang membutuhkan jasa service komputer kepada saya hanya tinggal menghubungi saya lewat telepona atau sms. Pada saat ini saya berencana untuk membangun Rt / Rw net disekitar tempat tinggal saya, yang kebetulan dekat dengan perumahan dan BTN yang penghuninya rata-rata memiliki laptop. Saya ingin menyediakan layanan internet unlimited satu bulan dengan paket Rp 150.000 sampai dengan Rp. 250.000 tergantung Quota bandwith yang diminta oleh pelanggan. Itulah sedikit cerita yang dapat saya uraikan dalam kertas ini. Semoga kedepannya saya bisa mengembangkan usaha yang lebih besar lagi dan bisa merekrut tenaga kerja. Amin…

About Ade Akbar

Hidup, Berarti dan Mati

Posted on Januari 5, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. okkk…kapan nulis lagi,,,

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

