GUI (Grafik User Interface)

Pertanyaan mendasar mengenai penggunaan tampilan atau GUI dalam program adalah seberapa penting hal itu dilakukan. Bukankah program sudah berjalan sesuai dengan permintaan?

Pertanyaan itu biasanya menghantui setiap pengembang program (programmer) pada saat membuat program.

Tentu saja kepentingan penggunaan tampilan akan berpulang pada penempatan program itu sendiri.

Untuk program yang hanya ditempatkan pada sisi komputer server yang jarang berinteraksi dengan pengguna, maka fungsi dasar program dirasa cukup memadai.

Tetapi apabila program tersebut diperkirakan akan banyak berinteraksi dengan pengguna, maka ada baiknya jika program menggunakan tampilan.

Beberapa alasan bahwa program harus menggunakan tampilan, yaitu

– Dengan tampilan, program akan nampak jauh lebih menarik

– Interaktif

User Friendly atau mudah dalam penggunaannya

– Dapat berinteraksi dengan peralatan seperti mouse, joystick dan peralatan lainnya.

Jika pengembang program peduli terhadap tampilan, biasanya program yang dihasilkan akan lebih diterima oleh pengguna. Bahkan sering karena tampilan yang menarik, program itu memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan program lain dengan tampilan yang sederhana.

Saat ini, terdapat beberapa model Frame GUI yang dapat digunakan saat mengembangkan program java yaitu java.awt.* dan javax.swing.*.

Didalam buku ini, untuk tampilan GUI, penulis menggunakan javax.swing.*, yaitu JFrame, Jlabel, JTextField, JRadioButton, JCheckBox, JComboBox, JTextArea, JSlider, JMenuBar, JPopUpMenu, JMenuItem, dan tools lainnya.

JFRAME

Saat kita membuat program java GUI, yang pertama kali kita harus kuasai adalah penggunaan JFrame. JFrame digunakan untuk mendesain model tampilan yang didalamnya dapat kita tempatkan komponen-komponen lainnya.

Contoh penggunaan tampilan frame pada program java :

//program pertama

//Tidak Menggunakan Construktor

import javax.swing.JFrame;

class frame1{

public static void main(String args []){

JFrame tampil = new JFrame();

tampil.show();

}

}

Atau

//program kedua
//menggunakan konstruktor
import javax.swing.*;
class frame21 extends JFrame{
frame21(){ //construktor
show

About Ade Akbar

Hidup, Berarti dan Mati

Posted on Desember 4, 2011, in Program Java. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: