Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman Java

Terlalu asik belajar java, kadang kita belajar lompat2, dari satu pembahasan ke pembahasan lain. Gak ada salahnya memang tapi, kadang kita melewatkan sesuatu yang penting. Yup itulah yang banyak terjadi dengan sebagian orang yang belajar java. Terkadang kita lupa mempelajari Tipe data. Kebanyakan programmer java berasal dari programmer bahasa pemograman lain seperti Visual Basic, Delphi, Dll. Tapi sudahlah, sekarang kita tengok kembali tipe data yang ada di javaπŸ™‚.

Ada 8 tipe data primitif dalam bahasa Java.

Jenis Data

Deskripsi

Ukuran

Minimum

Maksimum

boolean Hanya bisa berisi benar atau salah 1-bit
char Karakter Unicode 16-bit
byte Bilangan bulat 8-bit -127 128
short Bilangan bulat 16-bit -32768 32767
int Bilangan bulat 32-bit -2147483648 2147483647
long Bilangan bulat 64-bit -9223372036854775808 9223372036854775807
float Bilangan riil 32-bit 1.40129846432481707e-45 3.40282346638528860e+38
double Bilangan riil 64-bit 4.94065645841246544e-324 1.79769313486231570e+308

Lho, trus Kemana tipe data String ???

Hmmm, itulah perbedaan tipe data dalam java dan bahasa pemrograman laen, dalam java String bukan termasuk tipe data melainkan termasuk kedalam Class.

Sebagai tambahan, setiap Class di java memiliki sebuah method yang dapat digunkan untuk merubah Class menjadi String yaitu method.toString();.

Ok dah semoga bermanfaat lah buat temen-temen yang lagi atau mau belajar java

 

About Ade Akbar

Hidup, Berarti dan Mati

Posted on Desember 4, 2011, in Program Java. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Mas admin, kurang teliti.. banyak mistyping nya tu.
    ini, bikin sendiri atau copy paste c??πŸ˜€

    • Bikin sendiri lah, masak copy paste…
      mungkin karena begadang n ngatuk pass ngerjainnya tu…πŸ™‚
      maaf ya buat pembaca smuanya.. kalo ada yg keliru tu karena kelemahan sy sndiri
      dimaklumi ya..πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: